KEMENTERIAN AGAMA
KABUPATEN BANDUNG BARAT
KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM MAN CILILIN)
PROGRAM KEGIATAN KURIKULER
TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011
I. DASAR PENYUSUNAN PROGRAM : 1. Undang-Undang RI Nomor 20 Th 2003 tentang Sisdiknas
Peraturan an PP No. 19 th. 2005 tentang SNP.
2. Permendiknas Nomor : 22, 23, 24 tahun 2006 Tentang Kurikulum 2006.
3. Program Kerja Pembinaan Madrasah Bidang Mapenda Islam Kantor Wilayah Dep. Agama Prop. Jabar tahun pelajaran 2007 -2008
5. Surat Edaran Kep. Bid. Mapenda Islam No. Kw. 10.4 /1/ PP.01.1/1920/2006 tentang Struktur Kurikulum 2006.
6. SK. Kep. Kanwil Depag Prop. Jabar No. Kw. 10.4.1/5/PP.03.2/ /2010 tentang Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Madrasah Th. Pel. 2010 – 2011.
7. Program Kerja MK2-MA Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2010-2011.
II. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR :
A. SEMESTER GANJIL : 12 Juli - 25 Desember 2010 ( 25 MB / 16 MBE atau 150 HB / 108 HBE )
1. Tanggal. 5 s/d 18 Juli 2010, Pra Kegiatan awal tahun pelajaran 2010-2011.
a. Penertiban siswa baru sampai dengan pengaturan kelas
b. Rapat-rapat koordinasi intern /ekstern
c. Musyawarah kerja, rapat Kerja intern/ekstern.
d. Penertiban sarana pra sarana,Administrasi Kantor, Administrasi Siswa, Administrasi Guru , Pembagian Tugas dan Penyusunan Jadwal Pelajaran.
e. Musyawarah Kerja BP-3 / Komite Madrasah (KM )
f. Daftar ulang Kelas XI dan XII.
g. Persiapan /Pra kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), kegiatan martikulasi, Orientasi Organisasi Ekstra Kesiswaan dan Penyelesaian Administrasi Siswa kelas X termasuk Infaq Pembangunan sampai dengan 18 Juli 2010.
2. Tanggal. 12 s/d 18 Juli 2010
a. Khusus Kls. X : Pelaksanaan MPLS & Matrikulasi Mata Pelajaran MTs / SLTP ( Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika dan IPA), termasuk Orientasi Kepramukaan , PMR. Paskibra dslb ( Program Kerja disusun khusus, selesai paling lambat tanggal 18 Juli 2010; MPLS 3 hari, Matrikulasi Kelas X bilamana perlu s.d tanggal 25 Juli 2010 )
b. Kls. XI dan XII
· Pembahasan soal-soal bekas Ulangan Kenaikan Kelas Semester Genap.
· Pengenalan materi pelajaran baru berdasarkan program Semester Ganjil
· Penertiban dan penataan kelas.
c. Para Wali kelas ( memimpin dan membimbing )
· Penertiban dan penataan kelas, termasuk pelaburan dan alat korve
· Bimbingan keagamaan / shalat dhuhur berjamaah
· Penyusunan Struktur Organisasi Kelas, Regu Korve, Daftar Pelajaran, Daftar Kelompok Belajar, Tata Tertib Siswa Program Kegiatan Eekstrakurikuler dsbnya.
· Pengadaan /penertiban tabungan kelas dan perpustakaan kelas
· Bimbingan GDN
· Menata keindahan kls ( hiasan dingding, vas bunga dsbnya).
d. Wakamad semua Bidang , Koordinator BP/BK dan Kepala Tata Usaha :
· Pembinaan Kurikulum 2006 dan KBK.
· Menyusun Program Kerja / Kegiatan masing-masing
· Menata administrasi dan berbagai format yang diperlukan
· Menata ruang / tempat kerja masing-masing
e. Guru-guru
· Mengikuti penataran /pelatihan yang diselenggarakan baik oleh Kanwil Depag maupun Dinas Pendidikan Propinsi
· Melengkapi berbagai macam kelengkapan instrumen administrasi guru ( Program tahunan , Semester ,KTSP, RPP, Agenda Mengajar, Daftar Hadir Siswa, Buku Sumber,Alat Peraga, Praktikum, Format Daya serap, Progran Evaluasi , Format analisis dsb.
· Menyusun Program Tahunan, Semester, KTSP, Silabus, RPP ( minimal s/d 2 Komptensi Dasar sampai dengan tanggal 18 Juli 2010 )
· Menyusun Program Evaluasi untuk tugas -tugas / Porto Folio, dan Program Ekstrakurikuler
· Memiliki 500 - 1000 soal, diintegrasikan dengan bekas Ujin Blok , US/UKK, UM-UN dan SNMPTN / SPMB
f. BP-3 / KM ( Disusun Program Kerja Khusus, Kerjasama dengan Wakamad Hubjamas dan Sarana - Prasarana ).
· Penertiban / penyempurnaan pengurus BP-3 / KM .
· Penyususnan Program Kerja dengan mempertimbangkan skala prioritas.
· Melaksanakan kegiatan proyek pembangunan / program pengembangan fisik & sarana.
3. KBM Efektif Tanggal. 12 Juli s.d 4 Desember 2010, ( 18 MBE )
a. 14 MBE , penyajian materi semua program semester
b. 4 MBE, untuk minimal 4 kali UH, 1 kali UTS dan I kali Pra UAS.
c. 7 kali tugas-tugas / Porto Folio (minimal).
d. 14 kali pertemuan kegiatan Ekstrakulikuler ( Pramuka, Paskibra ,Olah Raga dan Seni Prestasi, Keagamaan, KIS, Bimbelnas , Olah Raga Bela Diri dsbnya )
CATATAN :
a. Setiap Guru kelas X - XI - XII dalam PBM secara bergiliran, supaya menempati / menggunakan fasilitas moving class yang dilengkapi ( secara bertahap ) : satu set OHP, VCD, Alat Peraga , Buku siswa / LKS/ Bahan Ajar dan Alat demontrasi ( khusus diruang Lab IPA ).
b. Program Remidi / ketuntasan belajar ( khusus analisis hasil Ulangan Harian ) dan berfungsi juga untuk perbaikan nilai , dilaksanakan :
· Tanpa tatap muka :
- Dilaksanakan melalui tugas / PR kelompok individual setelah lembar pembahasan soal diumumkan pada papan informasi kelas.
- Dilaksanakan bersama ( kelas X -XI -XII ) diruang Learning - Center ( LC) di luar jam intra secara individual mengerjakan soal -soal yang belum tuntas dengan pengerjaan uraian (essay) dalam pengawasan / bimbingan Wakamad dan Koord . BK ( hasilnya diserahkan kepada guru ybst)
· Melalui tatap muka dilaksanakan dikelasnya masing-masing baik klasikal maupun kelompok/ individual dan soal -soal perbaikannya dalam bentuk tugas / Porto Folio.
Keterangan :
- Daya serap ketuntasan belajar secara individual skor minimal 65.
- Daya serap ketuntasan belajar secara klasikal 85 % dari jumlah siswa /klasnya telah mencapai skor nilai 65.
c. Nilai tugas / Portofolio dapat memperbaiki / menambah nilai Ulangan Harian
d. Aspek Afektif dan atau psychomotor untuk mata pelajaran PPKn, Fiqh, Aqidah Akhlaq , Penjaskes Keterampilan dan mata pelajaran yang ada kegiatan membaca / lisan /Percakapan serta praktikum , juga harus dipertimbangkan /dinilai dalam menentukan nilai harian .
e. Nilai Akhir perbaikan tersebut di atas batas maksimal Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ( setelah menggunakan rumus Nilai Asli + Nilai Perbaikan )
2
f. Mata Pelajaran Keterampilan Pilihan ( Komputer , Elektronika , Tata Busana / Agronomi ) pada BLHBS ditulis pada baris terakhir kolom mata pelajaran dengan nilai kwantitas. Untuk membedakan / merengking dengan siswa yang tidak mengikuti mata pelajaran keterampilan pada baris jumlah juga ditulis nilai rata-ratanya.
g. Untuk mata pelajaran Mulok ( 1. Wajib Bahasa Sunda, Praktek/ hapalan Keagamaan) dan Pengembangan Diri ( pilihan OR/Seni prestasi, EAYPCC, keterampilan / Vocasional Skill atau Life Skill dan diminij oleh Koordinator BP/BK).
h. Nilai Praktek ibadah dan baca / hapalan Qur’an disatukan dengan mata pelajaran Fiqh dan Qurdis
i. Nilai kualitatif untuk kegiatan ekstra kurikuler , ( Pramuka, PMR, Paskibra, OR bela diri dsbnya, kepribadian dan presensi / absensi dengan huruf :
A. BaikSekali D. Kurang
B. Baik E. Amat Kurang
C. Cukup
j. Kriteria penilaian kegiatan ekstra kurikuler
A. = Tidak pernah absen selama kegiatan dan prestasi ekstra kurikulernya baik
B. = Pernah 20 % absen dan prestasi ekstra kurikulernya baik
C. = Pernah 30 % absen dan pestasi ekstra kurikulernya cukup
D. = Pernah 50 % absen dan prestasinya ekstra kurikulernya kurang
E. = Di a tas 50 % absen dan prestasi ekstra kurikulernya amat kurang
Kegiatan eksrta kurikuler di MAN Cililin :
1). Keagamaan /PPAI ( wajib , pelaksanaannya boleh di MAN Cililin melalui , IGM / PHBI atau di Pesantren / Kegiatan Remaja Mesjid setempat )
2). Pilihan (paling banyak 2 pilihan) , meliputi Pramuka, KIS, PMR, Seni Prestasi , OR Prestasi , OR bela diri ,Pasikibra dsbnya ( boleh mengikuti kegiatan di MAN atau di club -club setempat )
k. Aspek dan Kriteria kepribadian ( kriterianya lihat hurtup h ):
· Aspek Kerajinan : datang lebih awal /tepat waktu , kesiangan, suka bolos, melaksanakan tugas dengan baik, memiliki dan melaksanakan jadwal kegiatan belajar d irumahnya , apakah memiliki idea-idea baru/tidak, kreatif-produktif, pemalas, giat belajar dsbnya.
· Aspek kelakukan : kepatuhan, kedisiplinan , sikap pemarah, penyayang , sopan santun / tatakrama , suka gotong royong , bermusyawarah , egois , hubungan baik /tidak baik dsbnya.
· Aspek kerapihan : penampilan , cara berpakaian, pemeliharaan buku pelajaran, memiliki / tidak pengaturan jadwal waktu kegiatan , inisiatif yang mengarah kepada keteraturan / kerapihan dsbnya
l. Kriteria ketidak hadiran ( diperhitungkan dari jumlah hasil belajar efektif )
A = 0 % alpha D = ( 11 – 20) % alpha
B = ( 1 -5 ) % alpha E = Di atas 20 % alpha
C = ( 6 -10 ) % alpha
4. Musyawarah - musyawarah / Rapat-rapat ( mulai pukul 09.00 )
a. Tanggal 13 Juli 2010 : Muker Akhir Tahun Pel. 2009/2010 dan Raker Awal Tahun Pelajaran 2010-2011 di MA YAMISA Soreang.
· 19 Juli – 29 Agustus 2010, Pendataan lengkap ( siswa baru, jumlah siswa kelas X - XI– XII, Emis, Kuesioner Diknas, BOS, Tunjangan Fungsional, Sertifikasi Jabatan Guru, ( Inventaris , File Guru / TU, Adminsitrasi Guru dll.).
b. Tanggal 29 Juli 2010 ( Kamis ) , Raker UTS/Muker Awal UAN & Pembahasan Program Ramadhan, dan Pembahasan EMIS / KUESIONER, di ……….
KHUSUS PRA PERSIAPAN UN:
· September 2010, Pendataan Peserta UAN 2010 - 2011.
· Oktober 2010 Penyusunan dan Pengetikan US-1, 2 ke BIOSMA di MA Masing-masing.
· Nopember 2010 Penyusunan dan Pengetikan US 1,2 di KKM dan Penggabungan Ke BIOSMA.
c. Tanggal 23 September 2010 ( Kamis ) : Muker awal UN dan Halal Bilhalal idul fitri 1431 H.
d. Tanggal.28 Oktober 2010 ( Kamis ) : Raker UAS Semester Ganjil dan pendataan terakhir jumlah peserta UAS Ganjil di MA MUSLIMIN CELAK.
e. Tanggal 13 Januari 2011 ( Kamis ), : Muker akhir Semester Ganjil dan Raker Awal Semester Genap , Raker Awal UN ( Penetapan : Panitia UN, Madra, Pengawas, Pemeriksa UN & Album Photo Peserta UN . Tempat Muker di MA ..
1. Raker dilaksanakan sebelum Muker / Raker. khusus setiap tgl 01 / 02 , Rakor semua Wakamad & Koord BK
2. Muker di MA masing -masing dilaksanakan sebelum Muker di KKM
3. Raker di MA masing-masing dilaksanakan setelah Raker di KKM
5. Tangga 20 - 25 September 2010, Ulangan Tengah Semester Ganjil (UTS) Alternatif pilihan pelaksanaan:
- Dintegrasikan dengan ulangan harian ( Jadwal diatur , satu hari maksimal 2 mata pelajaran).
- Soal di koordinir setiap tingkat kelas yang sama dan pelaksanaan bergilir per kelas paralel disesuaikan dengan hari mengajar atau soal Dibuat Oleh KKM 01 MAN Cililin / MK2MA Kabupaten.
- Dilaksanakan khusus seperti Ujian Akhir Semester.
6. Program Khusus Ramadhan dan Libur Ramadhan & Idul Fitri
a. Tanggal 09 s.d 14 Agustus 2010 , Libur Awal Ramadhan ( 1 Ramadhan tanggal 12 Agustus 2010).
b. Tanggal. 16 Agust – 4 September 2010, Kegiatan Ramadhan:
- 07.15 - 07.30 Tadarus Al-Qur’an.
- 07.30 – 11.45 Belajar efektif sesuai jadwal pelajaran/ Pelaksanaan UTS, ( 35 menit perjam pelajaran ).
- 11.45 - 12.30 Shalat Dzuhur Berjamaah / Kultum sebelumnya.
c. Tanggal 06 - 18 September 2010 : Libur Ramadhan & Idul fitri.
7. Tanggal 6 s.d 14 Desember 2010 Pelaksanaan UAS Ganjil Kelas X -XI-XII.
· Monitoring dari Waspenda dan KKM
8. Tanggal 17 s/d 22 Desember 2010, Porseni antar kelas dan Pembinaan Semua Organisasi Kesiswaan.
9. Tanggal 23 Desember 2010, penyerahan BLHBS kelas X-XI-XII ( diadakan terlebih dahulu Muker wali-wali kelas bersama Wakamad Bidang kurikulum ,Hubjamas, dan Koordinator BP/BK - Tanggal 21 Des 2010).
· Titimangsa pada BLHBS tanggal 23 Desember 2010 Penandatangan BLHBS kelas X,XI, XII tanggal 22 Desember 2010 .
10. Tanggal 24 Des 2010 – 8 Jan 2011, Libur Semester ganjil (Analisis butir soal UAS Ganjil , hasilnya diserahkan ke Wakamad Bidang Akademik paling lambat tanggal 8 Januari 2011.
11. Tanggal 1November 2010 - 12 Maret 2011: Bimbelnas Kelas XII ( 14 kali pertemuan / maksimal / sebaiknya dimulai tanggal 2 Nopember 2009 ).
B. SEMESTER GENAP 10 JANUARI - 11 Juni 2011
- Kelas XII ( 9 MBE atau 54 HBE)
- Kelas X - XI ( 18 MBE atau 108 HBE)
1. Tanggal 10 - 15 Januari 2011 Pembahasan soal -soal bekas UAS ganjil dan pengenalan program semester genap serta penyampaian materi KD – SK Semester Genap dan Langsung penyajian materi minggu pertama.
2. KBM efektif
a. Kelas XII ( 9 MBE / 54 HBE)
- 7 MBE , 7x penyajian materi.
- 2 MBE, minimal 2 kali UH , 1 kali UTS dan 1 kali Pra UM-UN.
- 1 MB, Ujian Praktek .
- 6 x Tugas – tugas / Portofolio ( minimal).
- 7 kali pertemuan Bimbel ( Pembahasan & Pengayaan Soal-Soal bekas UN KBK & Materi Standar Kompetensi Lulusan UN 2011)
b. Kelas X - XI ( 18 MBE / 108 HBE )
- 16 MBE , 16 kali penyajian materi
- 2 MBE , minimal 3 kali UH, 1 kali UTS, dan 1 X Pra UKK .
- 7 kali tugas – tugas / Portofolio ( Minimal ).
- 16 kali kegiatan ekstra kurikuler
Catatan : ( ................... sda.................. )
3. Musyawarah-musyawarah / rapat-rapat ( mulai pukul 09.00 )
a. Tanggal 13 Januari 2011 ( Kamis): Muker Akhir Semester Ganjil dan Raker Awal Semester genap di MA ...................
b. Tanggal 10 Pebruari 2011 ( Kamis): Raker UTS & PraUAN / Raker Awal UAN di MA Yabis Cisarua
c. Tanggal 03 Maret 2011 ( Kamis), Raker UN Pengambilan Soal PraUN / TO ke – 3 dan penyerahan data jumlah peserta UKK.
d. Tanggal 10 Maret 2011 ( Kamis), Raker Teknis UN/UM dan Raker Awal UAS
e. Tanggal 20 Maret 2011 ( Ahad): Pengambilan Soal UN & Penyerahan Nilai Ujian Praktek.
f. Tanggal 02 April 2011 ( Sabtu ): Pengambilam Soal UM
g. Tanggal 28 April 2011 (Kamis): Raker UKK kelas X – XI,
h. Tanggal 21 Juli 2011 ( Kamis): Muker / Akhir tahun 2010 – 2011 dan Awal Tahun Pelajaran 2011 - 2012. di MA ....................................
Catatan : .................................... sda ...........................................
4. Tanggal 7– 12 Maret 2011, Ulangan Tengah Semester (UTS) Genap & semua kelas X – XI – XII ( di integrasikan dengan Ulangan Harian, bergilir dan dijadwal sesuai hari mengajar / maksimal 2 mata pelajaran UTS setiap harinya). -----------------------------------sda ----------------------------------------------
5. Tanggal 7- 12 Maret 2011 , Pra UN – UM KLs XII.
Teknis pelaksanaan Pra UN :
· Semua Mata pelajaran UN dan UM tertentu.
· Kisi - kisi penyususnan soal di buat oleh tim MGMP MAN Cililin, tanggal 15 – 31 Januari 2011.
· Penyusunan soal ( berdasarkan kisi-kisi ) dibuat oleh guru mata pelajaran masing masing , tanggal 1- 12 Pebruari 2011.
· Penggandaan / perbanyakan soal, tanggal 14 – 26 Pebruari 2011 ( termasuk MAS yang akan menggabung ke MAN Cililin / Soal yang telah digandakan langsung disusun ).
· Pengepakan tanggal 21 Peb – 5 Maret 2011 ( pendistribusian ke MAS tgl 3 – 5 Maret 2011 ).
· Pembahasan soal-soal bekas Pra UN- UM , Tanggal 14 s.d 19 Maret 2011.
6. Tanggal 14 – 19 April 2011, pemantapan pembahasan soal-soal bekas UN Utama ( soal-soal yang belum dikuasai siswa s.d 60%) dan SKL 2010.
7. Tanggal 21 – 26 Maret 2011 pelaksanaan kegiatan UN Utama ( Praktek tanggal 28 Maret – 2 April 2011 dan UN Susulan Sakit).
8. Tanggal 04 – 09 April 2011 : UM Utama ( UM sakit tanggal 11 - 16 April 2011 ), pengambilan soal UM tgl. 1 – 2 Maret 2011. .
9. Tanggal 25 Maret – 7 April 2011: Bimbingan khusus kelas XII ( meneruskan Studi / SNPTN) atau konsultasi meneruskan studi .
10. Tanggal 13-21 Juni 2011: Pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) kelas X-XI (monitoring dari WASPENDA )
11. Tanggal 2 Juli 2011 (Sabtu ) : Perpisahan Kelas XII dan pembagian Ijazah , SKHUN dan BLHBS.
12. Tanggal 21 - 30 Juni 2011, Perbaikan nilai yang belum memenuhi SKBM/KKM dan kegiatan khusus kesiswaan (OSIS dan Organisasi Ekstra )
13. Titimangsa BLHBS kels X dan XI : 2 Juli 2011, dan untuk kelas XII tergantung penyerahan kelulusan UN tahun 2011.
14. Tanggal 2 Juli 2011 : Kenaikan kelas X – XI .
15. Tanggal 4 April - 9 Juli 2011 Penerimaan Siswa Baru
· Tanggal 21 s.d. 30 Juni 2011 - Pra Persiapan PSB, pengadaan dan penyebaran edaran PSB dan admistrasi PSB .
· Tanggal 27 Juni - 9 Juli 2011 - masa Penerimaan Siswa Baru.
· Tanggal 11 Juli 2011 pengumuman hasil seleksi .
· Tanggal 15 Juli 2011 Muker Komite Madrasah bersama Orang Tua Siswa Baru.
· Tanggal 15 – 16 Juli 2011 , Daftar ulang kelas X baru ( Kelas XI-XII baru tanggal 07 s.d. 12 Juli 2010).
15. Tanggal 4 - 16 Juli 2011, Libur Akhir Semester / Tahun; Acara studi tour ke ……… tgl ……..
16. Tanggal 18 - 23 Juli 2011, Mulai Minggu Belajar Efektif tahun pelajaran baru 2011 - 2012.
C. HARI -HARI LIBUR NASIONAL :
1. 20 Juli 2009 - Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW
2. 17 Agustus 2010 - HUT RI ke - 624
3. 20 – 22 Agustus 2009 - Libur Awal Ramadhan ( 1 Ramadhan Tgl. 22 Agustus 2009).
4. 14 Sept s.d. 3 Okt 2009 - Libur Idul Fitri ( ‘Idul Fitri / 1 Syawal 1430 H / 21 - 22 September 2009 ).
5. 27 November 2009 - Idul Adha
6. 25 Desember 2009 - Hari Natal
7. 18 Desember 2009 - Tahun Baru Masehi 1431 H.
8. 03 Januari 2010 - HAB DEPAG ke - 61 ( Fakultatif )
9. -Tahun Baru Imlek.
10. - Tahun Baru Hijriyah ( 1 Muharram 1427 H).
11. - Hari Raya Nyepi.
12. - Wafat Isa Al Masih.
13. - Maulid Nabi Muhammad SAW
14. - Kenaikan Isa Al Masih.
15. - Hari Raya Waisak.
III. KEGIATAN KOORDINATOR LC DAN MOVING CLASS ( SEMUA WAKAMAD DAN KOORDINATOR
BK )
1. Dilaksanakan 1 - 2 Minggu sebelum Pra Belajar efektif :
· Menata ruangan
· Mendata dan melengkapi inventaris ruangan
· Mengecek keefektifan semua alat dan media yang ada
· Mendata dan melengkapi alat penunjang PBM ( buku siswa, LKS / Bahan Ajar, Alat Evaluasi dsb).
2. Dilaksanakan rutin / Periodik ataupun insidental
· Mengatur jadwal kegiatan program Remidi di LC.
· Mengatur jadwal pergantian moving class
· Mengamati dan membimbing / memandu kegiatan siswa atau guru baik di LC atau di ruang moving class
· Mengamankan dan menyampaikan kepada guru yang berasangkutan hasil kegiatan program Remidi di LC
IV. KEGIATAN GDN / WASKAT
1. Dilaksanakan pada masa Pra belajar efektif s/d bulan Juli 2010
· Pengaturan, pembagian tugas kerja guru, TU, OSIS, dan kegiatan ekstrakulikuler
· Penjelasan dan penandatanganan tata tertib
· Pembagian dan penjelasan format supervisi
· Penataan sarana dan pra sarana
· Pendataan dan penertiban berbagai barang, inventaris milik madrasah
· Penataan berbagai ruangan dan fasilitas
· Pengaturan petugas PIKET ( siang dan malam )
· Pengaturan petugas Korve
· Pengadaan dan penertiban berbagai instrumen administrasi kelas, Kepala sekolah, Kantor, Guru dan Siswa
· Pengaturan jadwal waktu KBM sampai petugas Bel
2. Dilaksanakan rutin / Periodik ataupun insidental :
· Penertiban kedisiplinan kehadiran
· Penertiban kedisiplinan waktu dan keluar / pulang
· Penertiban kedisiplinan waktu KBM dan kegiatan Staf TU
· Penertiban kedisiplinan penyelesaian administrasi kantor, guru dan siswa
· Penertiban kedisiplinan tata tertib TU, siswa, Perpustakaan, Laboratorium dsb.
· Penertiban kedisiplinan kegiatan ekstra kulikuler
· Penertiban dkedisiplinan kegiatan ekstra guru-guru dan TU ( pengajian rutin, HBI pengabdian pada masyarakat disekitarnya )
· Penertiban kedisiplinan sikap loyalitas sebagai pegawai ( negeri/honorer/sukwan) terhadap atasan / pemerintah
V. KEGIATAN SUPERVISI / PEMBINAAN GURU-GURU
1. UMUM dari tanggal 13 - 18 Juli 2010 .
· Sosialisasi Kurkulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan sistem Semester
· Penyususnan / penyempurnaan program pembelajaran / mengajar ( Program tahunan, Semester, Silabus, Satpel, Renpel ) Program evaluasi dan analisis butir soal serta analisis PBM
2. Khusus pembinaan secara periodik atau insidental dalam MGMP atau SPKG
· Diskusi-diskusi
· Pengupayaan ijin belajar, program penyetaraan / kelayakan, program S2 ataupun penataran yang dilaksanakan oleh Kanwil Depag
· Pengepektifan kegiatan MGMP.
· Pembinaan melalui supervisi ( Perpustakaan guru, Buletin, Kliping dan sebagainya ).
· Kunjungan sekolah ( school Visit ) dan kunjungan kelas ( Class - Visit )
· Pengembangan dan pengefektifan alat peraga dan berbagai macam media pembelajaran
· Penelitian PBM (Action Research )
· Pengembangan berbagai Program kerja Wakamad, TU, Eksrta kurikuler dan sebagainya
VI. KEGIATAN KTU /ADMINISTRASI
1. Dilaksanakan pada masa Pra belajar efektif ( maksimal sampai dengan akhir Juli / awal Agustus 2009), meliputi semua program yang akan menunjang terlaksananya proses belajar mengajar yang efektif dan efesien, meliputi Sarana dan Prasarana, pembagian tugas Staf TU, Jadwal Kegiatan, fasilitas instruksional, Manajerial keuangan dan semua instrumen administrasi guru, murid, Kantor, Wali kelas, personil, Kepala Madrasah dsb.
2. Dilaksanakan rutin dalam arti pengelolaan, penertiban, pemeliharaan, pengawasan, pengarahan, pembinaan ,
( sesuai dengan program kerja tahunan yang telah disusun / program kegiatan )
VII. KEGIATAN BIDANG AKADEMIK
1. Dilaksanakan pada masa pra belajar efektif ( ........................ sda............................)
· Pembagian tugas dengan SK-nya
· Penyususnan intra dan ekstra kulikuler dan tugas-tugas.
· Penyususnan jadwal pelajaran ( selesai maksimal 17 Juli 2010 )
· Penataan perpustakaan Laboratorium, dan tempat latihan kerja / keterampilan ( Work shop )
· Penyiapan berbagai fasilitas instruksional
· Membantu kegiatan guru-guru melengkapi administrasi guru ( agenda mengajar, program tahunan / Semester, Satpel, Renpel, Silabus, Program Evaluasi, buku sumber dan referensi, alat peraga, format analisis butir soal, format daya serap dsb).
2. Rutin / periodik ataupun insidental :
· Pengembangan semua jenis administrasi guru
· Pengembangan perpustakaan guru
· Pengembangan buletin supervisi
· Analisis PBM, penyajian daya serap ( hasil UH, ulum dan Nem )
· Pendataan nilah hasil UH, Ulum dan UAN serta penyajian data dan penganalisaannya
· Analisis butir soal sampai bank soal
· Pengembangan program remidi / perbaikan
· Diskusi-diskusi, shcool visit Class visit
· Pengembangan Pemantapan MGMP
· Analisis SKHUN input - output dan prediksi Nem
VIII. KEGIATAN KOORDINATOR DAN GURU BK
1. Dilaksanakan pada masa pra belajar efektif meliputi :
· Penyususnan program kerja dan program kegiatan
· Pembagian tugas
· penyiapan berbagai instrumen BK
· Penataan ruang BK dengan berbagai macam kelengkapan administrasi BK dan papan Statistik.
· Pendataan, penertiban administrasi BK ( semua data - data yang telah dimiliki )
2. Rutin / Periodik ataupun insidental
· Tatap muka, wawancara dan pengumpulan data
· Pembinaan, pemantauan, penyuluhan dan pengarahan
· Home Visit, Studi lapangan/ kunjungan kerja, ceramah umum, diskusi dsb.
· Studi kasus
· Media informasi tentang aktifitas BK
· Tes Kemampuan Akademik kelas X untuk penjurusan
IX. KEGIATAN BIDANG HUBUNGAN KERJA SAMA MASYARAKAT.
1. Dilaksanakan pada masa Pra Belajar Efektif, meliputi :
· Pendataan, penyusunan program kerja dan jadwal kegiata
· Silaturahmi dengan pengurus MM dalam rangka pengembangan peningkatan kwalitas dan kwantintas Madrasah
· Sosialisasi UU SISDIKNAS yang baru , KBK dan MM.
· Kerjasama yang terkoordinasi dengan pengurus Pesantren dalam pembinaan siswa
· Konsultasi diagonal dengan pemda setempat hubungannya dengan peluang beasiswa serta peluang berbagai bantuan Madrasah.
2. Rutin / Periodik ataupun insidental :
* Silaturahmi melalui media pengajian rutin ataupun insidental pada acara-acara HBI/HBN
* Pembinaan siswa dalam pengintegrasian pada berbagai aktifitas sosial ( pengajian, bakti sosial, bantuan yati, miskin, K- 3 dslb )
* Media informasi tentang perkembangan pendidikan, kebutuhan pendidikan, inovasi pendidikan melalui papan informasi / buletin ataupun pameran
* Diskusi - diskusi tentang berbagai macam kasus remaja, kasus sosial dan penanggulangannya
* Pembinaan siswa dalam mengintegasikan dengan pesantren dimana siswa tinggal ataupun mesjid-mesjid dimana siswa mengaji / kegiatan remaja mesjid.
X. KEGIATAN BIDANG SARANA PRA SARANA KERJASAMA DENGAN MM
1. Dilaksanakan pada masa pra belajar efektif, meliputi :
· Pendataan Sarana Pra Sarana ( fisik sekolah, meja kursi belajar, papan tulis lemari instalasi listrik dsb)
· Pendataan sarana pra sarana penunjang ( MCK, taman / halaman, Koperasi/ Kantin, tempat parkir , papan pengumuman dsb )
· Pendataan alat-alat olah raga dan seni
· Pendataan fasilitas belajar ( intra / ekstra, pramuka , PMR, Pasikbra dsb ) dan buku perpustakaan
· Pengadaan berbagai instrumen administrasi guru
2. Dilaksanakan periodik / rutin ataupun insidental :
* Melengkapai berbagai fasilitas pelajaran yang sesuai dengan dana yang tersedia
* Melengkapi berbagai insrtumen administrasi guru
* Menata memelihara keindahan, kebersihan, kerindangan, kesejukan, keamanan ketertiban dan keagamaan
* Pengadaan / perbaikan sarana prasarana, teknis pemasukan / pengalokasian dana MM dan pembelanjaan yang efektif dan efesien
XI KEGIATAN BIDANG BKESISWAAN
1. Dilaksanakan pada masa pra belajar efektif meliputi :
· Pendataan semua fasilitas dan kelengkapan ( Inventarisasi administrasi ) OSIS dan semua Organisasi Ekstra .
· Muker/ raker pengurus OSIS dan semu Organisasi Ekstra
· Penyusunan Program kerja MOS, Orientasi , semua Organisasi Ekstra.
· Penyiapan instruktur Masa Orientasi
· Penataan ruang OSIS, Pramuka, Paskibra, PMR/UKS, dan semu Organisasi Ekstra serta segala kelengkapan administrasinya.
· Pengecekan / pendataan kelengkapan data-data inventaris 7 K, UKS, PMR, Paskibra, Pasus TIM OR dan Seni Prestasi, mading , KIS, Bimbelnas dsb ( jenis - jenis kegiatan disesuaikan dengan prestasi bakat, minat dan fasilitas yang ada )
· Konsultasi dengan Wakamad semua Bidang yang terkait
2. Rutin / Priodik atau insidental :
· KMD pembina pimpinan sangga, Diklatsar PMR, Paskibra dan LDK
· Penyuluhan keanggotaan Pramuka, PMR, Paskibra, dsb
· Bimbingan / Pembinaan berorganisasi / administrasi
· Bimbingan pembinaan ledership / manajemen
· Bimbingan / Pembinaan pelaksanaan 7 K, UKS, PMR, Paskibra, Pasus TIM OR dan Seni, mading , KIS, Bimbelnas dsb
· Pemantauan kegiatan kelompok belajar, bimbingan belajar dan kegiatan esktra kurikuler lainnya
· Partisipasi berbagai macam kegiatan kesiswaan Intra / Ekstra ( minimal tingkat Kecamatan)
· Mengkoordinasikan berbagai kegiatan Kesiswaan Intra / Ekstra se KKM melalui Badan Koordinasi Kesiswaan ( BAKORSIS ) Koperasi pelajar, studi wisata dan sebagainya.
XII .KEGIATAN EKSTRA KURIKULER ( KOORDINATOR EKSTRA KURIKULER )
Koordinasi Wakasek semua bidang ( Kurikulum, Hubjamas, Kesiswaan, Koordinator BK, sarana dan prasarana ) dan TU :
1. Pembinaan kegiatan Kesiswaan Intra / Ekstra.
2. Pembinaan bimbingan belajar / kelompok belajar kelas I, II dan bimbelnas kelas III melalui wadah KIR ataupun kegiatan kelompok belajar dilingkungan tempat tinggal siswa.
3. Pembinaan kegiatan pengajian dipesantren-pesantren, mentoring di kampus MA atau didaerah tempat tinggal siswa
4. Pembinaan efektifitas siswa dalam pengajia anak-anak ( sebagai tutor ) ataupun dalam kegiatan kelompok belajar anak-anak SLTP/MTs / SD/MI
5. Pembinaan penanggulangan kenakalan remaja / anak, penyalahgunaan narkoba dan miras
6. Pengefektifan berbagai kursus - kursus yang diikuti oleh siswa baik dilingkungan Madrasah ataupun diluar Madrasah
XIII. KEGIATAN REMAJA MESJID MADRASAH ( IKATAN GENERASI MUSLIM )
1. Dilaksanakan pada masa pra belajar efektif, meliputi :
· Pendataan penyususnan program kerja dan jadwal kegiatan
· Pembagian tugas ( struktur organisasi )
· Penataan ruang dan halaman mesjid dan semua sarananya.
· Penertiban berbagai inventaris mesjid.
2. Rutin / Preodik ataupun insidental
* Pengaturan/ penertiban pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah ataupun yang lainnya
* Pengefektifan kegiatan papan buletin mesjid ( mingguan ) mentoring dan sebagainya
* Pemeliharaan kebersihan, keindahan dan kenyamanan
* Kerjasama dengan Hubjamas ikut berpartisifasi dalam upacara kematian ( sholat jenazah ) sholat bersama
* Istisqo, santunan yatim / miskin / bencana alam / kematian ( melalui gerakan-gerakan infaq siswa ), Pelaksanaan shalat Jum’at, pengajian umum dan sebagainya
* Pengajian umum pada HBI
XIV. KEGIATAN WALI WALI KELAS
1. Anggota bimbingan dan penyuluhan di kelasnya
2. Penyusunan laporan keadaan kelas pada akhir bulan / Semester
3. Pencatatan jumlah kehadiran siswa baik mingguan / bulanan / Semester
4. Meneliti absen siswa dan agenda kelas
5. Menyususun alamat siswa untuk kelasnya masing-masing
6. Membimbing pelaksanaan 7 K di kelasnya