Senin, 09 Mei 2011

PROGRAM KKM 01 MAN CILILIN KAB BANDUNG BARAT 2010

KEMENTERIAN  AGAMA
KABUPATEN BANDUNG BARAT
KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM  MAN CILILIN)
PROGRAM KEGIATAN  KURIKULER
TAHUN PELAJARAN  2010 - 2011

I. DASAR PENYUSUNAN  PROGRAM  :    1.   Undang-Undang RI Nomor 20 Th 2003 tentang Sisdiknas
dan PP No. 19 th. 2005 tentang SNP.                                                                                                                                                                                                                                                                     
2.  Permendiknas Nomor : 22, 23, 24 tahun 2006 Tentang Kurikulum 2006. 
3.  Program Kerja Pembinaan  Madrasah Bidang Mapenda Islam  Kantor  Wilayah  Dep. Agama  Prop. Jabar  tahun pelajaran 2007 -2008
5.       Surat Edaran Kep. Bid. Mapenda Islam No. Kw. 10.4 /1/ PP.01.1/1920/2006 tentang  Struktur Kurikulum 2006.
6.       SK. Kep. Kanwil Depag Prop. Jabar No. Kw. 10.4.1/5/PP.03.2/   /2010   tentang Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Madrasah Th. Pel. 2010 – 2011.
7.       Program Kerja MK2-MA Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2010-2011.

II. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR :

A. SEMESTER  GANJIL  : 12 Juli  - 25  Desember 2010  (  25 MB / 16 MBE atau 150 HB / 108 HBE  )
1. Tanggal. 5  s/d  18 Juli  2010, Pra Kegiatan  awal tahun pelajaran 2010-2011.
a. Penertiban siswa baru sampai dengan  pengaturan kelas
b. Rapat-rapat koordinasi intern /ekstern
c. Musyawarah kerja, rapat  Kerja intern/ekstern.
d. Penertiban sarana pra sarana,Administrasi  Kantor, Administrasi Siswa, Administrasi  Guru , Pembagian Tugas dan Penyusunan Jadwal  Pelajaran.
e. Musyawarah Kerja  BP-3  / Komite Madrasah (KM  )
f. Daftar ulang Kelas   XI dan XII.
g. Persiapan /Pra kegiatan  Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), kegiatan martikulasi, Orientasi  Organisasi  Ekstra Kesiswaan dan Penyelesaian Administrasi Siswa kelas X termasuk Infaq Pembangunan sampai dengan  18 Juli 2010. 

2. Tanggal. 12  s/d 18 Juli 2010
a. Khusus  Kls. X  : Pelaksanaan MPLS & Matrikulasi Mata Pelajaran MTs / SLTP ( Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika dan IPA),  termasuk  Orientasi  Kepramukaan , PMR. Paskibra  dslb ( Program Kerja disusun khusus, selesai paling lambat tanggal 18 Juli 2010; MPLS 3 hari, Matrikulasi Kelas X bilamana perlu s.d tanggal 25 Juli 2010 )
b. Kls. XI dan XII 
·         Pembahasan soal-soal  bekas Ulangan Kenaikan Kelas  Semester Genap.
·         Pengenalan materi pelajaran  baru  berdasarkan program  Semester  Ganjil
·         Penertiban dan penataan kelas.
c.    Para Wali  kelas ( memimpin dan membimbing )
·           Penertiban dan penataan  kelas, termasuk pelaburan dan alat  korve
·           Bimbingan  keagamaan  / shalat dhuhur berjamaah
·           Penyusunan Struktur Organisasi  Kelas, Regu Korve, Daftar Pelajaran, Daftar Kelompok Belajar, Tata Tertib Siswa Program  Kegiatan Eekstrakurikuler dsbnya.
·           Pengadaan /penertiban  tabungan kelas dan perpustakaan  kelas
·           Bimbingan GDN
·           Menata keindahan  kls ( hiasan dingding, vas bunga dsbnya).
d.   Wakamad  semua Bidang , Koordinator BP/BK dan Kepala  Tata Usaha :
·         Pembinaan Kurikulum  2006 dan  KBK.
·         Menyusun Program Kerja / Kegiatan  masing-masing
·         Menata administrasi dan berbagai  format yang diperlukan
·         Menata ruang / tempat kerja masing-masing
e.   Guru-guru
·           Mengikuti penataran /pelatihan yang diselenggarakan baik oleh Kanwil Depag maupun Dinas Pendidikan Propinsi
·           Melengkapi berbagai macam kelengkapan instrumen  administrasi  guru ( Program tahunan , Semester ,KTSP, RPP, Agenda Mengajar, Daftar  Hadir Siswa, Buku Sumber,Alat Peraga, Praktikum, Format  Daya serap, Progran Evaluasi , Format analisis  dsb.
·           Menyusun Program  Tahunan, Semester, KTSP, Silabus, RPP ( minimal  s/d  2 Komptensi Dasar sampai dengan   tanggal  18 Juli 2010 )







·            Menyusun Program  Evaluasi  untuk  tugas -tugas  / Porto Folio,  dan Program  Ekstrakurikuler
·           Memiliki 500 - 1000 soal, diintegrasikan dengan bekas Ujin Blok , US/UKK, UM-UN dan SNMPTN / SPMB
f.   BP-3 / KM ( Disusun  Program  Kerja  Khusus, Kerjasama  dengan Wakamad  Hubjamas  dan  Sarana - Prasarana  ).
·         Penertiban / penyempurnaan pengurus  BP-3  /  KM .
·         Penyususnan  Program  Kerja  dengan mempertimbangkan  skala prioritas.
·         Melaksanakan kegiatan proyek pembangunan / program pengembangan fisik & sarana.
3.   KBM Efektif Tanggal. 12 Juli s.d  4 Desember  2010, ( 18 MBE )
a.    14  MBE , penyajian materi semua program semester
b.    4   MBE, untuk minimal  4 kali  UH, 1 kali  UTS dan I kali Pra UAS.
c.    7   kali tugas-tugas / Porto Folio (minimal).
d.  14  kali  pertemuan  kegiatan  Ekstrakulikuler ( Pramuka, Paskibra ,Olah Raga dan Seni Prestasi, Keagamaan, KIS, Bimbelnas , Olah Raga  Bela Diri  dsbnya )
CATATAN :
a.     Setiap Guru  kelas  X -  XI  - XII dalam  PBM secara bergiliran, supaya menempati / menggunakan fasilitas moving class yang dilengkapi ( secara bertahap ) : satu set  OHP, VCD, Alat Peraga , Buku siswa / LKS/ Bahan Ajar dan Alat demontrasi ( khusus diruang Lab  IPA ).
b.     Program Remidi /  ketuntasan  belajar  ( khusus analisis  hasil Ulangan Harian )  dan berfungsi juga untuk perbaikan nilai , dilaksanakan :
·           Tanpa tatap muka :
-  Dilaksanakan melalui tugas / PR kelompok individual setelah lembar pembahasan soal  diumumkan pada papan informasi  kelas.
-    Dilaksanakan  bersama ( kelas  X -XI -XII ) diruang Learning - Center ( LC) di luar  jam intra secara individual mengerjakan soal -soal yang belum tuntas dengan pengerjaan uraian (essay) dalam pengawasan / bimbingan Wakamad  dan Koord . BK ( hasilnya diserahkan kepada guru  ybst)
·           Melalui tatap muka dilaksanakan dikelasnya masing-masing baik klasikal maupun kelompok/ individual dan soal -soal perbaikannya dalam bentuk tugas  / Porto Folio.
Keterangan :
-   Daya serap ketuntasan belajar secara individual skor minimal 65.
-   Daya serap ketuntasan belajar secara klasikal  85 %  dari jumlah siswa /klasnya telah mencapai  skor nilai  65.
c.   Nilai tugas / Portofolio  dapat memperbaiki / menambah  nilai Ulangan Harian
d.  Aspek Afektif  dan atau psychomotor  untuk mata pelajaran PPKn, Fiqh, Aqidah Akhlaq , Penjaskes  Keterampilan dan mata pelajaran yang ada  kegiatan membaca / lisan /Percakapan serta praktikum , juga harus dipertimbangkan /dinilai dalam menentukan nilai harian .
e.  Nilai Akhir perbaikan tersebut di atas batas maksimal Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)  ( setelah menggunakan rumus      Nilai Asli + Nilai Perbaikan )
                                                                                                                                                                  2
f.        Mata Pelajaran Keterampilan Pilihan ( Komputer , Elektronika , Tata Busana / Agronomi ) pada BLHBS ditulis pada baris terakhir kolom  mata pelajaran dengan nilai kwantitas. Untuk membedakan / merengking dengan siswa yang tidak mengikuti mata pelajaran keterampilan  pada baris jumlah juga ditulis nilai rata-ratanya.
g.        Untuk mata pelajaran Mulok    ( 1. Wajib Bahasa Sunda, Praktek/ hapalan Keagamaan) dan Pengembangan Diri ( pilihan OR/Seni prestasi, EAYPCC, keterampilan / Vocasional Skill atau Life Skill dan diminij oleh Koordinator  BP/BK).
h.    Nilai Praktek ibadah dan baca / hapalan Qur’an disatukan dengan mata pelajaran  Fiqh  dan Qurdis
i.   Nilai kualitatif untuk kegiatan ekstra kurikuler , ( Pramuka, PMR, Paskibra, OR bela diri dsbnya, kepribadian  dan presensi / absensi dengan huruf :
A.  Baik  Sekali                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   D.   Kurang 
B.  Baik                                                                              E.    Amat Kurang
C.  Cukup
j.  Kriteria penilaian kegiatan  ekstra kurikuler
A.  =  Tidak pernah absen selama kegiatan dan prestasi ekstra kurikulernya baik
B.  =  Pernah  20 % absen dan prestasi ekstra kurikulernya baik
C.  =  Pernah  30 % absen dan pestasi ekstra kurikulernya  cukup
D.  =  Pernah  50 % absen dan prestasinya  ekstra kurikulernya  kurang  
E.  =  Di a tas  50 % absen  dan prestasi ekstra kurikulernya amat kurang
Kegiatan eksrta kurikuler di MAN Cililin :
1).  Keagamaan /PPAI  ( wajib , pelaksanaannya boleh di MAN Cililin melalui , IGM / PHBI atau di Pesantren /  Kegiatan Remaja Mesjid setempat )
2). Pilihan  (paling banyak  2  pilihan) ,  meliputi  Pramuka, KIS, PMR, Seni Prestasi , OR Prestasi , OR bela diri ,Pasikibra  dsbnya ( boleh mengikuti  kegiatan  di MAN atau di club -club setempat )
k.  Aspek  dan Kriteria kepribadian ( kriterianya lihat hurtup h ):
·         Aspek Kerajinan :   datang lebih awal /tepat waktu , kesiangan, suka bolos, melaksanakan tugas dengan  baik, memiliki dan melaksanakan jadwal kegiatan belajar d irumahnya , apakah memiliki idea-idea baru/tidak, kreatif-produktif, pemalas, giat belajar dsbnya.




·         Aspek kelakukan  :   kepatuhan, kedisiplinan , sikap pemarah, penyayang , sopan santun / tatakrama , suka gotong royong , bermusyawarah , egois , hubungan baik /tidak baik  dsbnya.
·         Aspek kerapihan   :  penampilan , cara  berpakaian, pemeliharaan buku pelajaran,  memiliki / tidak pengaturan  jadwal  waktu kegiatan , inisiatif yang  mengarah kepada keteraturan /  kerapihan  dsbnya
l.   Kriteria  ketidak hadiran ( diperhitungkan dari jumlah  hasil belajar efektif )
A  =   0 %  alpha                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     D  = ( 11 – 20) % alpha
B  =  ( 1 -5 ) % alpha                                                                                                                                                                                                                      E  =  Di atas  20 % alpha
C  =  ( 6 -10 ) % alpha                              
4.   Musyawarah - musyawarah / Rapat-rapat  ( mulai pukul  09.00 )
a.    Tanggal  13 Juli 2010                               :                                               Muker  Akhir Tahun  Pel. 2009/2010 dan Raker Awal Tahun Pelajaran 2010-2011 di MA YAMISA Soreang.
·           19 Juli – 29 Agustus 2010, Pendataan lengkap ( siswa baru, jumlah siswa kelas X - XI– XII, Emis, Kuesioner Diknas, BOS, Tunjangan Fungsional, Sertifikasi Jabatan Guru,  ( Inventaris  , File Guru / TU, Adminsitrasi Guru dll.).
b. Tanggal 29 Juli 2010 ( Kamis ) , Raker UTS/Muker Awal UAN & Pembahasan Program Ramadhan, dan Pembahasan EMIS / KUESIONER, di ……….    
KHUSUS PRA PERSIAPAN UN:
·       September 2010,  Pendataan Peserta UAN 2010 - 2011.
·       Oktober 2010 Penyusunan dan Pengetikan US-1, 2 ke BIOSMA di MA Masing-masing.
·       Nopember 2010 Penyusunan dan Pengetikan US 1,2 di KKM dan Penggabungan Ke BIOSMA.
c.   Tanggal 23 September 2010 ( Kamis ) : Muker awal UN dan Halal Bilhalal idul fitri 1431 H.
  d.  Tanggal.28 Oktober 2010 ( Kamis )      :  Raker UAS Semester Ganjil dan pendataan terakhir jumlah peserta UAS Ganjil  di MA MUSLIMIN CELAK.
e.   Tanggal  13 Januari  2011 ( Kamis ), :  Muker akhir Semester Ganjil dan Raker Awal Semester Genap , Raker Awal UN ( Penetapan :  Panitia UN, Madra, Pengawas, Pemeriksa UN & Album Photo Peserta UN . Tempat Muker di MA ..
1.      Raker dilaksanakan sebelum  Muker / Raker. khusus setiap  tgl  01 / 02 , Rakor semua Wakamad  & Koord  BK
2.      Muker di MA  masing -masing dilaksanakan sebelum  Muker  di KKM
3.     Raker di MA  masing-masing  dilaksanakan  setelah  Raker  di KKM

5. Tangga 20  - 25 September 2010,  Ulangan Tengah Semester Ganjil (UTS)  Alternatif pilihan pelaksanaan:
      -  Dintegrasikan dengan ulangan harian ( Jadwal diatur , satu hari maksimal 2 mata pelajaran).
-  Soal di koordinir  setiap tingkat kelas yang  sama dan pelaksanaan bergilir  per kelas paralel disesuaikan   dengan  hari mengajar atau soal Dibuat Oleh KKM 01 MAN Cililin / MK2MA Kabupaten.
-  Dilaksanakan khusus seperti Ujian Akhir Semester.
6.  Program Khusus Ramadhan  dan Libur Ramadhan & Idul Fitri
a.  Tanggal  09 s.d 14 Agustus  2010 , Libur Awal Ramadhan ( 1 Ramadhan tanggal 12 Agustus 2010).
b.     Tanggal. 16 Agust – 4  September   2010,  Kegiatan Ramadhan: 
-     07.15  -  07.30   Tadarus Al-Qur’an.
-       07.30 – 11.45  Belajar efektif sesuai jadwal pelajaran/ Pelaksanaan UTS, ( 35 menit perjam pelajaran ).
-       11.45  -  12.30  Shalat Dzuhur Berjamaah / Kultum sebelumnya.
c. Tanggal  06  - 18 September  2010  :   Libur  Ramadhan & Idul fitri.
7.  Tanggal  6 s.d  14 Desember  2010 Pelaksanaan  UAS Ganjil  Kelas X -XI-XII.
·                Monitoring  dari Waspenda  dan KKM
8.   Tanggal 17 s/d 22 Desember  2010,  Porseni  antar kelas dan Pembinaan  Semua Organisasi Kesiswaan.
9.  Tanggal  23 Desember 2010, penyerahan  BLHBS kelas X-XI-XII ( diadakan terlebih dahulu  Muker wali-wali kelas  bersama  Wakamad  Bidang kurikulum ,Hubjamas, dan Koordinator  BP/BK - Tanggal 21  Des 2010).
·                Titimangsa pada BLHBS  tanggal  23 Desember 2010 Penandatangan BLHBS kelas X,XI, XII  tanggal  22 Desember 2010 .
10.   Tanggal  24 Des  2010 – 8 Jan 2011, Libur  Semester ganjil (Analisis butir soal UAS Ganjil , hasilnya diserahkan ke Wakamad Bidang Akademik paling lambat tanggal 8 Januari 2011. 
11.  Tanggal  1November 2010 -  12 Maret 2011: Bimbelnas Kelas XII ( 14 kali pertemuan / maksimal / sebaiknya dimulai tanggal 2 Nopember 2009 ).
B. SEMESTER GENAP      10  JANUARI  - 11 Juni  2011
                             -  Kelas  XII  (    9  MBE   atau  54 HBE)
                             -  Kelas  X - XI (   18  MBE   atau 108 HBE)
1.     Tanggal  10  - 15 Januari  2011  Pembahasan soal -soal bekas  UAS ganjil dan pengenalan program semester genap serta penyampaian materi KD – SK  Semester Genap dan Langsung penyajian materi minggu pertama.
2.      KBM efektif        
a.      Kelas  XII ( 9  MBE / 54 HBE)
-   7 MBE , 7x penyajian materi.
-    2 MBE, minimal  2 kali  UH , 1 kali  UTS dan 1 kali Pra UM-UN.
-    1 MB, Ujian Praktek .
-    6 x Tugas – tugas / Portofolio ( minimal).
-        7  kali pertemuan Bimbel ( Pembahasan & Pengayaan Soal-Soal bekas UN KBK & Materi Standar Kompetensi Lulusan UN 2011)





b.     Kelas  X - XI (   18  MBE / 108 HBE )
-    16  MBE , 16 kali penyajian materi
-    2   MBE , minimal 3  kali UH, 1 kali UTS, dan 1 X Pra UKK . 
-    7 kali tugas – tugas / Portofolio ( Minimal ).
-    16  kali  kegiatan ekstra kurikuler 
Catatan :         (  ...................    sda..................     )
3.     Musyawarah-musyawarah / rapat-rapat ( mulai pukul  09.00 )
a. Tanggal 13 Januari 2011 ( Kamis): Muker Akhir Semester Ganjil dan Raker Awal Semester genap di MA ...................
b.       Tanggal 10 Pebruari  2011 ( Kamis): Raker UTS & PraUAN / Raker Awal UAN di MA Yabis Cisarua
c.        Tanggal 03 Maret 2011 ( Kamis), Raker UN Pengambilan Soal PraUN / TO ke – 3 dan penyerahan data jumlah peserta UKK.
d.       Tanggal 10 Maret  2011 ( Kamis), Raker Teknis UN/UM dan  Raker Awal UAS 
e.        Tanggal 20 Maret   2011 ( Ahad):  Pengambilan Soal UN & Penyerahan Nilai Ujian Praktek.
f.        Tanggal 02 April 2011 ( Sabtu ): Pengambilam Soal UM 
g.        Tanggal  28 April   2011 (Kamis): Raker UKK  kelas X – XI,
h.       Tanggal 21 Juli 2011 ( Kamis):  Muker / Akhir tahun 2010 – 2011 dan Awal Tahun Pelajaran 2011 - 2012. di MA  ....................................
Catatan  : ....................................   sda  ...........................................
4.  Tanggal 7– 12  Maret   2011, Ulangan Tengah Semester (UTS) Genap & semua kelas X – XI – XII  ( di integrasikan dengan Ulangan Harian, bergilir dan dijadwal sesuai hari mengajar / maksimal 2 mata pelajaran UTS setiap harinya).   -----------------------------------sda ----------------------------------------------
5. Tanggal 7- 12  Maret  2011 , Pra UN – UM  KLs XII.
Teknis pelaksanaan Pra UN  :
·           Semua Mata pelajaran UN dan UM tertentu.
·           Kisi - kisi  penyususnan soal di buat oleh tim MGMP  MAN Cililin, tanggal  15 – 31 Januari   2011.
·           Penyusunan soal ( berdasarkan kisi-kisi ) dibuat oleh guru mata pelajaran masing masing , tanggal 1- 12   Pebruari 2011.
·           Penggandaan / perbanyakan soal, tanggal 14 – 26 Pebruari 2011 ( termasuk MAS  yang akan menggabung ke MAN Cililin / Soal yang telah digandakan langsung disusun ).
·           Pengepakan tanggal  21 Peb – 5 Maret  2011 ( pendistribusian ke MAS tgl 3 – 5 Maret  2011 ).
·           Pembahasan soal-soal  bekas Pra UN- UM , Tanggal 14 s.d 19 Maret  2011.
6.  Tanggal  14 – 19 April  2011,  pemantapan pembahasan soal-soal bekas UN Utama ( soal-soal yang belum dikuasai siswa s.d  60%) dan SKL 2010.
7.  Tanggal  21 – 26 Maret  2011  pelaksanaan kegiatan UN Utama ( Praktek tanggal 28 Maret  – 2 April 2011 dan UN Susulan Sakit).
8.   Tanggal 04 – 09 April  2011  : UM Utama ( UM sakit tanggal  11  -  16  April  2011 ), pengambilan soal UM  tgl. 1 – 2 Maret   2011.  . 
9.  Tanggal 25 Maret – 7 April  2011:  Bimbingan khusus kelas XII  ( meneruskan Studi / SNPTN) atau konsultasi meneruskan studi .
10. Tanggal 13-21 Juni  2011: Pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) kelas  X-XI (monitoring dari WASPENDA )
11. Tanggal 2 Juli 2011 (Sabtu ) : Perpisahan Kelas XII dan pembagian Ijazah , SKHUN dan BLHBS.
12.  Tanggal 21 - 30 Juni 2011, Perbaikan nilai yang belum memenuhi SKBM/KKM dan kegiatan khusus kesiswaan (OSIS dan Organisasi Ekstra )
13. Titimangsa BLHBS kels X dan XI : 2 Juli 2011, dan untuk kelas XII tergantung penyerahan kelulusan UN tahun 2011.
14. Tanggal 2 Juli 2011 :   Kenaikan kelas X – XI .
15. Tanggal 4 April  - 9 Juli 2011 Penerimaan Siswa Baru
·           Tanggal  21 s.d.  30 Juni 2011 - Pra Persiapan PSB, pengadaan dan penyebaran edaran PSB dan admistrasi PSB .
·           Tanggal  27 Juni - 9 Juli 2011 - masa Penerimaan Siswa Baru.
·           Tanggal 11  Juli 2011 pengumuman hasil seleksi .
·           Tanggal 15 Juli 2011 Muker Komite Madrasah bersama Orang Tua Siswa Baru.
·           Tanggal 15 – 16 Juli 2011 , Daftar ulang kelas X baru ( Kelas XI-XII baru tanggal 07 s.d. 12 Juli 2010).
15.  Tanggal  4  - 16  Juli 2011, Libur Akhir  Semester / Tahun; Acara studi tour ke ……… tgl ……..  
16.  Tanggal  18 - 23 Juli 2011, Mulai Minggu Belajar Efektif tahun pelajaran baru 2011 - 2012. 
C.  HARI -HARI LIBUR NASIONAL   :
1.          20 Juli 2009                              - Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW
2.       17  Agustus 2010                                                                                                                                                                                                                           - HUT RI ke - 624
3.       20 – 22 Agustus  2009                -  Libur Awal Ramadhan ( 1 Ramadhan Tgl.  22  Agustus 2009).
4.       14 Sept  s.d. 3 Okt  2009                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      -  Libur Idul Fitri ( ‘Idul Fitri / 1 Syawal 1430 H  / 21 -  22 September 2009 ).
5.       27 November 2009                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 -  Idul Adha
6.       25  Desember 2009                    - Hari Natal
7.       18  Desember  2009                   - Tahun Baru Masehi 1431 H.
8.       03  Januari 2010                        - HAB DEPAG ke - 61 ( Fakultatif )





9.                                                         -Tahun Baru Imlek.
10.                                                      - Tahun Baru Hijriyah ( 1 Muharram 1427 H).
11.                                                      - Hari Raya  Nyepi.
12.                                                      - Wafat Isa Al Masih.
13.                                                      - Maulid Nabi Muhammad SAW
14.                                                      -  Kenaikan Isa Al Masih.
15.                                                      - Hari Raya Waisak.


III. KEGIATAN KOORDINATOR  LC  DAN MOVING CLASS   ( SEMUA WAKAMAD  DAN KOORDINATOR
      BK )
1.   Dilaksanakan 1 - 2 Minggu sebelum Pra Belajar efektif :
·         Menata ruangan
·         Mendata dan melengkapi inventaris ruangan
·         Mengecek keefektifan semua alat dan media yang ada
·         Mendata dan melengkapi alat penunjang PBM ( buku siswa, LKS / Bahan Ajar, Alat  Evaluasi dsb).
2.   Dilaksanakan rutin / Periodik ataupun insidental
·         Mengatur jadwal kegiatan program Remidi di LC.
·         Mengatur jadwal pergantian moving class
·         Mengamati dan membimbing / memandu kegiatan siswa atau guru baik di LC  atau di ruang moving class
·         Mengamankan dan menyampaikan kepada guru yang berasangkutan hasil kegiatan program Remidi  di LC
IV.  KEGIATAN GDN / WASKAT
1.    Dilaksanakan pada masa  Pra  belajar  efektif  s/d  bulan Juli 2010
·         Pengaturan, pembagian tugas kerja  guru, TU, OSIS, dan  kegiatan  ekstrakulikuler
·         Penjelasan dan penandatanganan  tata tertib
·         Pembagian dan penjelasan format supervisi
·         Penataan sarana dan pra sarana
·         Pendataan dan penertiban berbagai barang, inventaris milik madrasah
·         Penataan berbagai ruangan dan fasilitas
·         Pengaturan petugas PIKET ( siang dan malam )
·         Pengaturan petugas Korve
·         Pengadaan dan penertiban berbagai instrumen administrasi kelas, Kepala sekolah, Kantor, Guru dan Siswa
·         Pengaturan jadwal waktu KBM sampai petugas Bel
2.   Dilaksanakan rutin / Periodik ataupun insidental :
·         Penertiban kedisiplinan kehadiran
·         Penertiban kedisiplinan waktu dan keluar / pulang
·         Penertiban kedisiplinan waktu KBM dan kegiatan Staf TU
·         Penertiban kedisiplinan penyelesaian administrasi kantor, guru dan siswa
·         Penertiban kedisiplinan tata tertib TU, siswa, Perpustakaan, Laboratorium dsb.
·         Penertiban kedisiplinan kegiatan ekstra kulikuler
·         Penertiban dkedisiplinan kegiatan ekstra guru-guru dan TU ( pengajian rutin, HBI pengabdian pada masyarakat disekitarnya )
·         Penertiban kedisiplinan sikap loyalitas sebagai pegawai ( negeri/honorer/sukwan) terhadap atasan / pemerintah

V.  KEGIATAN SUPERVISI / PEMBINAAN GURU-GURU
1.    UMUM dari  tanggal    13  - 18 Juli   2010 .
·         Sosialisasi Kurkulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan sistem Semester
·         Penyususnan / penyempurnaan program pembelajaran / mengajar ( Program tahunan, Semester, Silabus, Satpel, Renpel ) Program evaluasi dan analisis butir soal  serta analisis PBM
2.    Khusus pembinaan secara periodik atau insidental dalam MGMP atau  SPKG
·         Diskusi-diskusi
·         Pengupayaan ijin belajar, program penyetaraan / kelayakan,  program S2 ataupun penataran yang dilaksanakan oleh Kanwil Depag
·         Pengepektifan kegiatan  MGMP.
·         Pembinaan melalui supervisi  ( Perpustakaan guru, Buletin, Kliping dan sebagainya ).
·          Kunjungan sekolah ( school Visit ) dan kunjungan kelas ( Class - Visit )
·         Pengembangan dan pengefektifan  alat peraga dan berbagai macam media pembelajaran 
·         Penelitian PBM (Action Research )
·         Pengembangan berbagai Program kerja  Wakamad, TU, Eksrta kurikuler dan sebagainya

VI.  KEGIATAN KTU /ADMINISTRASI
1.   Dilaksanakan pada masa Pra belajar efektif ( maksimal sampai dengan akhir Juli / awal Agustus 2009),  meliputi semua program yang akan menunjang terlaksananya  proses belajar mengajar yang efektif dan efesien, meliputi Sarana  dan Prasarana, pembagian tugas Staf TU,  Jadwal Kegiatan, fasilitas instruksional, Manajerial keuangan dan semua instrumen administrasi guru, murid, Kantor, Wali kelas, personil, Kepala  Madrasah dsb.
2.  Dilaksanakan rutin dalam arti pengelolaan, penertiban, pemeliharaan, pengawasan, pengarahan, pembinaan ,
( sesuai dengan program kerja tahunan yang telah disusun / program kegiatan )



VII.  KEGIATAN BIDANG AKADEMIK
1.     Dilaksanakan pada masa pra belajar efektif ( ........................ sda............................)
·         Pembagian tugas dengan SK-nya
·         Penyususnan intra dan ekstra kulikuler dan tugas-tugas.
·         Penyususnan jadwal pelajaran ( selesai maksimal   17  Juli  2010 )
·         Penataan perpustakaan Laboratorium, dan tempat latihan kerja / keterampilan ( Work shop )
·         Penyiapan  berbagai fasilitas  instruksional
·         Membantu kegiatan guru-guru melengkapi administrasi guru ( agenda mengajar, program tahunan / Semester, Satpel, Renpel, Silabus,  Program Evaluasi, buku sumber dan referensi, alat peraga, format analisis butir soal, format daya serap  dsb).
2.    Rutin / periodik  ataupun insidental :
·         Pengembangan semua jenis administrasi guru
·         Pengembangan perpustakaan guru
·         Pengembangan buletin supervisi
·         Analisis PBM, penyajian daya serap ( hasil UH, ulum dan Nem )
·         Pendataan nilah hasil UH, Ulum dan UAN serta penyajian data dan penganalisaannya
·         Analisis butir soal sampai  bank soal
·         Pengembangan program remidi / perbaikan
·         Diskusi-diskusi, shcool visit   Class visit
·         Pengembangan Pemantapan  MGMP
·         Analisis SKHUN input  -  output dan prediksi Nem

VIII.  KEGIATAN KOORDINATOR  DAN  GURU BK
1.   Dilaksanakan pada masa pra belajar efektif meliputi :
·         Penyususnan program kerja dan program kegiatan
·         Pembagian tugas
·         penyiapan berbagai instrumen BK
·         Penataan  ruang  BK dengan  berbagai macam kelengkapan administrasi  BK dan papan Statistik.
·         Pendataan, penertiban administrasi  BK ( semua data - data yang telah dimiliki )
2.   Rutin / Periodik ataupun insidental
·         Tatap muka, wawancara dan pengumpulan data
·         Pembinaan, pemantauan, penyuluhan dan pengarahan
·         Home Visit, Studi lapangan/ kunjungan kerja, ceramah umum, diskusi dsb.
·         Studi kasus
·         Media informasi tentang aktifitas BK
·         Tes Kemampuan Akademik kelas X untuk penjurusan

IX.  KEGIATAN BIDANG HUBUNGAN KERJA SAMA MASYARAKAT. 
1.   Dilaksanakan pada masa Pra Belajar  Efektif, meliputi :
·           Pendataan, penyusunan  program  kerja  dan jadwal  kegiata
·           Silaturahmi dengan pengurus MM  dalam rangka pengembangan  peningkatan  kwalitas dan  kwantintas Madrasah
·           Sosialisasi  UU SISDIKNAS yang baru , KBK dan MM.
·           Kerjasama yang  terkoordinasi  dengan pengurus  Pesantren  dalam  pembinaan siswa
·           Konsultasi  diagonal  dengan  pemda  setempat hubungannya dengan peluang beasiswa serta peluang berbagai bantuan Madrasah.
2.   Rutin  / Periodik  ataupun  insidental :
*                Silaturahmi  melalui  media  pengajian  rutin ataupun  insidental  pada acara-acara  HBI/HBN
*                Pembinaan siswa dalam  pengintegrasian  pada berbagai aktifitas sosial ( pengajian, bakti sosial, bantuan  yati, miskin, K- 3 dslb )
*                Media informasi  tentang  perkembangan  pendidikan, kebutuhan  pendidikan, inovasi pendidikan melalui papan informasi / buletin ataupun pameran
*                Diskusi - diskusi tentang berbagai macam  kasus  remaja, kasus  sosial  dan penanggulangannya
*                Pembinaan  siswa dalam mengintegasikan  dengan pesantren dimana siswa tinggal ataupun mesjid-mesjid  dimana  siswa mengaji / kegiatan remaja  mesjid.

X.   KEGIATAN BIDANG  SARANA PRA SARANA  KERJASAMA DENGAN  MM
 1.   Dilaksanakan pada masa pra belajar  efektif, meliputi :
·       Pendataan Sarana Pra Sarana  ( fisik sekolah, meja  kursi belajar, papan tulis lemari instalasi  listrik dsb)
·       Pendataan sarana pra sarana  penunjang  ( MCK, taman / halaman, Koperasi/ Kantin, tempat parkir , papan pengumuman  dsb )
·       Pendataan alat-alat olah raga  dan seni
·       Pendataan  fasilitas  belajar ( intra / ekstra, pramuka , PMR, Pasikbra dsb ) dan buku perpustakaan
·       Pengadaan berbagai instrumen  administrasi guru








2.   Dilaksanakan periodik / rutin ataupun insidental :
*      Melengkapai berbagai fasilitas pelajaran yang sesuai dengan dana yang tersedia
*      Melengkapi  berbagai insrtumen  administrasi  guru
*      Menata memelihara  keindahan, kebersihan, kerindangan, kesejukan, keamanan ketertiban dan keagamaan
*      Pengadaan / perbaikan  sarana prasarana, teknis  pemasukan / pengalokasian  dana MM dan pembelanjaan  yang efektif dan efesien

XI   KEGIATAN  BIDANG BKESISWAAN
  1.   Dilaksanakan pada masa pra belajar efektif meliputi :
·           Pendataan semua fasilitas dan kelengkapan ( Inventarisasi administrasi  ) OSIS dan semua Organisasi Ekstra .
·           Muker/ raker  pengurus OSIS dan semu Organisasi Ekstra
·           Penyusunan Program kerja  MOS, Orientasi , semua Organisasi Ekstra.
·           Penyiapan instruktur  Masa Orientasi
·           Penataan ruang OSIS, Pramuka, Paskibra, PMR/UKS, dan semu Organisasi Ekstra serta segala kelengkapan  administrasinya.
·           Pengecekan / pendataan  kelengkapan data-data inventaris 7 K, UKS, PMR, Paskibra, Pasus TIM  OR dan Seni Prestasi, mading , KIS, Bimbelnas  dsb ( jenis - jenis kegiatan  disesuaikan dengan prestasi  bakat, minat  dan fasilitas yang ada )
·           Konsultasi dengan Wakamad  semua Bidang yang terkait
2.   Rutin / Priodik  atau insidental :
·           KMD pembina pimpinan  sangga, Diklatsar PMR, Paskibra dan LDK
·           Penyuluhan keanggotaan  Pramuka, PMR, Paskibra, dsb
·           Bimbingan / Pembinaan berorganisasi / administrasi
·           Bimbingan pembinaan ledership / manajemen
·           Bimbingan / Pembinaan pelaksanaan 7 K,  UKS, PMR, Paskibra, Pasus TIM  OR dan Seni, mading , KIS, Bimbelnas  dsb
·           Pemantauan kegiatan kelompok  belajar, bimbingan belajar  dan kegiatan  esktra kurikuler lainnya
·           Partisipasi  berbagai macam  kegiatan kesiswaan Intra / Ekstra ( minimal tingkat Kecamatan)
·           Mengkoordinasikan  berbagai kegiatan  Kesiswaan  Intra / Ekstra   se KKM  melalui Badan  Koordinasi Kesiswaan   ( BAKORSIS ) Koperasi  pelajar, studi  wisata  dan sebagainya.
XII   .KEGIATAN EKSTRA KURIKULER ( KOORDINATOR  EKSTRA KURIKULER )
Koordinasi  Wakasek  semua  bidang ( Kurikulum, Hubjamas, Kesiswaan, Koordinator BK, sarana dan prasarana ) dan TU :
1.  Pembinaan kegiatan  Kesiswaan Intra / Ekstra.
2.  Pembinaan bimbingan belajar / kelompok belajar kelas I, II dan bimbelnas  kelas III melalui wadah  KIR ataupun kegiatan  kelompok belajar dilingkungan  tempat tinggal siswa.
3.  Pembinaan kegiatan  pengajian dipesantren-pesantren, mentoring  di kampus MA atau didaerah  tempat tinggal siswa
4.  Pembinaan efektifitas  siswa dalam pengajia anak-anak ( sebagai tutor )  ataupun dalam kegiatan kelompok  belajar anak-anak  SLTP/MTs / SD/MI
5.   Pembinaan penanggulangan kenakalan remaja / anak, penyalahgunaan narkoba dan miras
6.  Pengefektifan  berbagai kursus - kursus yang diikuti  oleh siswa  baik dilingkungan  Madrasah ataupun diluar Madrasah
XIII.   KEGIATAN REMAJA  MESJID  MADRASAH ( IKATAN GENERASI MUSLIM )
1.    Dilaksanakan pada masa pra belajar efektif, meliputi :
·           Pendataan penyususnan program kerja dan jadwal kegiatan
·           Pembagian tugas ( struktur organisasi )
·           Penataan ruang dan halaman  mesjid dan semua sarananya.
·           Penertiban berbagai inventaris  mesjid.
2.   Rutin / Preodik ataupun insidental
*           Pengaturan/ penertiban pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah ataupun  yang lainnya
*           Pengefektifan  kegiatan  papan buletin  mesjid ( mingguan ) mentoring dan sebagainya
*           Pemeliharaan  kebersihan, keindahan dan kenyamanan
*           Kerjasama dengan  Hubjamas ikut  berpartisifasi dalam upacara  kematian ( sholat jenazah ) sholat bersama
*           Istisqo, santunan yatim / miskin / bencana  alam / kematian ( melalui gerakan-gerakan  infaq siswa ), Pelaksanaan shalat Jum’at, pengajian umum dan sebagainya
*           Pengajian umum pada HBI

XIV.   KEGIATAN WALI WALI KELAS
1.     Anggota bimbingan dan penyuluhan  di kelasnya
2.     Penyusunan laporan keadaan kelas  pada akhir bulan / Semester
3.     Pencatatan jumlah kehadiran siswa  baik mingguan / bulanan / Semester
4.     Meneliti absen siswa  dan agenda  kelas
5.     Menyususun alamat siswa untuk  kelasnya masing-masing
6.      Membimbing pelaksanaan  7  K di  kelasnya





7.      Mengisi buku leger  dan raport / BLP.
8.      Membagikan buku raport , mengumpulkan kembali dan  mengamankannya
9.      Membantu menyebarkan  berbagai format / edaran surat
10.       Mengadakan komunikasi  dengan orang tua siswa
11.    Membantu kelancaran  pembayaran  keuangan (dana MM ) 
12.    Pembina kelompok belajar  siswa
13.    Membuatan Catatan Khusus tentang siswa
14.    Memotivasi  berbagai kegiatan  sekolah  baik intra / ekstra
15.   Penyajian berbagai data statistik kelas ( absensi, nilai kerawanan dan sebagainya )

XV.   KEGIATAN KOORDINATOR MGMP
1.   Merumuska model  program tahunan, Semester, Silabus,  Renpel dan berbagai format Penilaian ( Kisi-Kisi Soal dan Soal ).
2.   Merumuskan, menyusun program  evaluasi  baik  evaluasi  PBM, hasil belajar, UH ataupun  ULUM Semester /  PraUAN, Persiapan UN (SKL), Kisi-Kisi soal UTS dan Soal UTS, Penentuan KKM / SKBM.
3.    Mendiskusikan  berbagai kendala  yang ditentukan  di lapangan  serta mencari  perumusan jalan  keluarnya.
4.    Menganalisa  serta mengembangkan  berbagai metodologi pembelajaran yang efektif
5.    Merumuskan serta mengembangkan berbagai alat peraga, media pembelajaran
6.       Mengembangkan materi setiap mata pelajaran  yang sesuai dengan Standar Isi dengan KTSP guna acuan  setiap guru
7.       Menghimpun bank soal.

XVI.   KEGIATAN KHUSUS / KOPERASI
1.  Upaya mengembangkan kesejahtraan guru  dan karyawan
2.  Upaya pengembangan sarana dan prasarana ( tanah, fisik, bangunan, AVA  dan  buku-buku referensi )
3.       Upaya pengembangan potensi guru
4.  Upaya pembinaan khusus  siswa yang berprestasi
5.  Upaya pengembanga koperasi / warung koperasi 
6.  Upaya pengembangan gerakan infak
7.  Uapaya  pengembangan jumlah penerima bea siswa
8.  Upaya  pengefektifan  klub Bahasa  Inggris dan bahasa Arab ( English days & Arabic days )
9.  Upaya  pembinaan  pengajian guru dan karyawan
10. Upaya pengembangan  madrasah  menjadi pesantren terpadu ( Madrasah Unggulan )

XVII. KELOMPOK KERJA MADRASAH
1. Penertiban Organisasi  KKM, Inventarisasi guru -guru untuk pengefektipan  MGMP.
2. Pendataan lengkap kelembagaan ( status alamat , jumlah kelas siswa dan guru data inventaris madrasah, alamat lengkap dan sebagainya / data EMIS dan Kuesioner)
3.  Koordinasi antar KKM dengan Yayasan pengelola dalam rangka pembinaan kelembagaan /akreditas
4.   Pembinaan MAS sesuai denga jadwal kegiatan pada kalender Pendidikan, meliputih daerah pembinaan :
4.1. Madrasah Aliyah:   Arafah Rancapanggung, Muslimin Cijenuk, Darul Fikri Cipongkor, Nurul Falah Cililin, P3SB Cililin, Madani, Al-Muhajirin, Yahisha, Al-Mukhtariyah, Al-Lutfah,   Al-Bidayah Batujajar , Banuraja Batujajar,  Nurul Hidayah Bt. Jajar, Muslimin Peusing, Almubarok sindangkerta. Anwarurohmah Cipongkor.
4.2.  Madrasah Aliyah :  Persis Padalarang, Nurul Hidayah Padalarang, Bina Insani, Yabis, Az- zahra, PPM Darul Inayah , YI Rajamandala, As-Syifa, Uswatun Hasanah, Darul Ulum, Arohmah Lembang.
4.3 Madrasah Aliyah  :  Al-Fatah Gununghalu, YPI Nurul Hidayah Cicangkang,  AL-Huda Bunijaya, Muslimin Celak, Darul Iman Rongga, Nurul Qolbi Gn Halu,   
4.4.  Madrasah Aliyah :    Al Huda Cikalong , Muslimin Cipeundeuy, Persis Cipada, dan Karya Madani, Ishlahul Aqidah, Al-Bary, Al-Ihwan.
5.  Kerjasama tentang pengajar, Perpustakaan, Fasilitas Intruksionil/Lab ( dikordinasikan antara MA yang berdekatan ).
7.   Pengevektipan  buletin supervisi .
8.       Penggunaan buku-buku sumber, buku referensi ditentukan  oleh MGMP.
9.       Penyeragaman buku-buku sumber, paket soal-soal, Pembinaan Bimbel  kelas X-XI dan Bimbelnas  kelas XII ( acuan  soal-soal bekas EBTANAS  / UAN / UN / SPMB).





10. Pengefektipan  MGMPdi Wilayah pembinaan masing-masing ( di MA masing-masing ).
11. Konsultasi vertikal /horizontal /diagonal dalam :
a.   Pengadaan guru-guru
b.   Pengadaan buku sumber  dan referensi
c.   Ikut serta kegiatan penataran , program  penyetaraan dan izin  belajar
d.   Akreditas  Madrasah
e.   Pengajuan Kepala MA  definitif dan guru bantu.
f.         Sosialisasi UU Sisdiknas  No. 20/2003, PP No. 19/2005, Permendiknas No. 22, 23, 24 / 2006.
g.        Pengembangan dan pembinaan  Koperasi Madrasah
h.   Partisipasi  beberapa kegiatan ekstra kurikuler dan berbagai even kegiatan ekstra tingkat lokal / Kabupaten / Propinsi atau Nasional
i.    Pensertifikatan  tanah wakaf
j.    Pengadaan sarana dan prasarana

XVIII.  CATATAN  LAIN-LAIN
1.  Pada setiap awal /akhir kegiatan  tersebut di atas  jangan lupa laporan yang cepat, benar dan tepat waktu  kepada Kepala  Madrasah  dan KKM ( yang selanjutnya untuk diteruskan  ke Kandepag , Kantor Wilayah Dep. Agama  Prop. Jabar, Dirjen  Kelembagaan Agama  Islam, ataupun  instansi  lain yang terkait di antaranya DEPDIKNAS
2.  Hal-hal yang belum diatur disini  akan diatur  khusus  secara  terinci  pada program  kegiatan  khusus Semester, akhir Semester, UN - US  ataupun  program  kerja  dari masing-masing wakamad /koordinator BK / wali kelas dan sebagainya
3.   Apabila ada perubahan  jadwal  kegiatan,  anggaran  ataupun ada kekeliruan  - kekeliruan  dalam  program ini akan diralat kemudian.
Cililin,     12   Juli  2010
 Kepala MAN Cililin selaku Ketua  KKM 01 MAN CILILIN ,






Drs. H. JATNIKA, M. M. Pd.
NIP. 196505061993031006

















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar